Usaha Jamur Krispi yang Mudah dan Menguntungkan

Dunia kuliner memang tidak ada habisnya untuk dibahas, ada saja inovasi-inovasi baru yang dikembangkan oleh pengusaha untuk mendapatkan perhatian konsumen. Seolah-olah ide kreatif para pengusaha tidak ada matinya. Segala macam bahan makanan yang kadang dianggap sepele atau biasa, mampu dirubah menjadi produk makanan yang bernilai jual lebih tinggi. Salah satunya adalah usaha jamur krispi. Usaha ini sendiri sudah menjamur di masyarakat. Jamur yang selalu diolah menjadi sayur, disulap menjadi makanan ringan yang enak dan mampu diterima oleh berbagai kalangan.

Peluang Usaha Jamur Krispi

Usaha Jamur KrispiJamur merupakan salah satu bahan pangan yang mudah didapatkan di pasaran, harga jual jamur pun murah karena membudidayakannya juga tidak sulit. Pengusaha pun jeli dalam memanfaatkan jamur menjadi makanan yang lebih bernilai tinggi tapi juga tetap memperhatikan unsur kesehatan yang terkandung di dalam jamur. Saat ini, usaha jamur krispi sudah banyak dijumpai di berbagai daerah, dengan mengandalkan gerobak yang sudah dimodifikasi, alat dan bahan yang lengkap, kemasan yang menarik, usaha ini pun mampu menghasilkan untung yang besar dengan modal yang kecil sehingga banyak orang tertarik untuk membangun usaha yang serupa.

Tips Memulai Usaha Jamur Krispi

Untuk memulai usaha jamur krispi ini terbilang tidak sulit dan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Namun, Anda harus mengetahui cara-cara untuk memulainya sehingga dapat meminimalisir resiko yang mungkin datang.

Berikut adalah beberapa tips memulai bisnis jamur krispi:

  • Memiliki koneksi pembudidaya jamur

Sebelum memulai bisnis jamur, sebaiknya Anda mempunyai kenalan petani jamur karena jamur yang dibeli langsung dari petaninya lebih murah daripada yang dijual di pasar karena tidak perlu melalui distributor. Hal tersebut dapat menekan biaya produksi, selain itu jamur yang diperoleh langsung dari petani lebih segar dan terjamin kebersihannya.

  • Mampu mengolahnya dengan benar

Pastikan anda mampu membuat jamur krispi dengan benar dan juga enak. Apabila Anda ragu-ragu, Anda bisa mencari resep jamur krispi di internet, cara pengolahannya yang benar tanpa menggunakan bahan pengawet. Setelah itu, Anda harus melakukan “Trial” untuk menguji apakah jamur krispi Anda mampu diterima oleh konsumen dengan meminta beberapa orang untuk mencobanya.

  • Survey lokasi strategis

Salah satu faktor penting dalam berbisnis adalah konsumen. Untuk membuat konsumen datang dan membeli jamur krispi yang Anda buat, pilihan lokasi yang tepat mampu mendatangkan untung. Carilah lokasi strategis dimana banyak orang beraktivitas seperti sekolah, kampus, pasar, dan pusat-pusat keramaian lainnya.

Diharapkan dalam menjalankan usaha jamur krispi ini, para pengusaha tetap menjaga kebersihan, karena biasanya proses pembuatan jamur krispi tersebut terlihat oleh konsumen secara langsung. Apabila faktor-faktor itu dapat dilakukan dengan baik, maka bisa dipastikan usaha inipun berkembang dengan baik. Inovasi-inovasi rasa yang bervariasi juga diperlukan supaya konsumen tidak bosan dan bisnis tetap berjalan dengan lancar.