Cara Pemilihan dan Penyimpanan Jamur Sebagai Bahan Keripik Jamur Tiram

Memiliki sebuah bisnis yang diawali dari pembuatan bahan sederhana memang sangat menguntungkan seperti halnya bisnis keripik jamur tiram. Tidak sulit untuk mengolahnya menjadi camilan sehat yang akan disukai oleh banyak orang namun terdapat beberapa cara untuk memilih jamur tiram yang tepat sehingga kualitas produk bisa tetap terjaga sehingga bisnis akan berkembang dengan semakin pesat.

Cara Memilih Jamur yang Baik Dalam Keripik Jamur Tiram

Dalam menjalankan bisnis keripik jamur tiram, maka Anda harus memperhatikan cara pemilihan jamur yang tepat sebagai berikut:

  • Pilihlah jamur yang berwarna putih dan masih terlihat mekar dengan segar sehingga Anda bisa menggunakannya dengan baik. Jamur yang berwarna putih akan menunjukkan jika tanaman itu baru dipanen dan masih terlihat segar dengan dagingnya yang terlihat lebar namun tidak pecah.
  • Anda juga harus memilih jamur dengan daging yang sangat tebal sehingga bisa menghasilkan keripik yang berkualitas tinggi. Ketebalan dari dagingnya juga bisa dilihat dari batangnya yang besar. Jika batang semakin besar maka daging akan semakin lebar serta memiliki ketebalan yang sempurna.
  • Sangat disarankan untuk memilih jamur langsung kepada petani yang membudidayakannya sehingga bisa langsung melihat serta memilih jamur yang berkualitas. Jika Anda membelinya di pasar atau supermarket, maka Anda tidak mengetahui dengan jelas umur dari jamur yang baru dipanen dan kemungkinan besar jamur sudah dijual dalam beberapa lama.

Cara Menyimpan Jamur Sebagai Bahan Keripik Jamur Tiram

kripik jamurDalam menjalankan bisnis keripik jamur tiram, maka Anda harus berhati-hati dalam melakukan penyimpanannya dikarenakan jamur sangat sensitif terhadap suhu serta sentuhan sehingga diperlukan cara-cara sebagai berikut:

  • Menyimpan jamur sebaiknya di dalam lemari es karena kulkas merupakan tempat terbaik untuk mengawetkan jamur secara alami dalam waktu yang lama. Suhu dingin yang dihasilkan oleh kulkas mampu menjaga usia jamur lebih lama serta bisa memperlambat dalam proses pembusukan jamur sehingga masih bisa digunakan dengan baik.
  • Dalam menyimpan jamur, maka sebaiknya Anda masukkan jamur ke dalam sebuah kantong kertas ataupun bisa juga dibungkus dengan cara memasukkannya ke dalam kertas coklat polos sehingga bisa terhindar dari sentuhan secara langsung dengan dinding lemari es. Ditambah lagi cara ini juga mampu menekan aroma jamur yang akan menyebar di seluruh ruangan kulkas.
  • Selain itu, Anda juga harus memberikan alas kantong kertas sebagai pembungkus jamur dengan lantai atau rak lemari es karena suhu permukaan lantai dari kulkas lebih dingin jika dibandingkan dengan suhu udara yang menyebar di dalamnya. Serta simpanlah jamur di bagian terbawah dari kulkas karena dianggap memiliki suhu yang paling dingin.

Dengan mengetahui beberapa cara untuk memilih jamur tiram serta cara penyimpanannya sebagai bahan baku utaman dalam bisnis keripik jamur tiram Anda, maka diharapkan Anda bisa menghasilkan camilan berkualitas dan juga sehat.