Resep Keripik Jamur Tiram Renyah Dan Lezat

Beragam kuliner unik saat ini semakin banyak diminati sehingga bisa menjadi peluang bisnis kuliner yang cukup cerah.  Di tengah serbuan beragam snack impor seperti burger, pizza, hingga takoyaki, Anda bisa memanfaatkan bahan makanan jamur untuk diolah menjadi penganan ringan lezat dan layak jual. Jamur  bisa menjadi alternatif yang cukup inovatif mengingat belum banyak jenis kuliner yang diolah dari bahan ini. Nah, inilah resep keripik jamur tiram yang bisa menjadi referensi bagi bisnis sampingan Anda.

Resep keripik jamur tiram praktis dan lezat

Sangat penting untuk menampilkan produk yang unik dan lain daripada yang lain untuk bisa memenangkan kompetisi di tengah persaingan berat bisnis kuliner. Salah satunya adalah dengan menerapkan resep keripik jamur tiram berikut ini.

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan adalah

1 kg jamur tiram yang telah dikeringkan

400 gram tepung beras

450 ml santan cair

50 gr tapioka

50 gr bawang merah

50 gr bawang putih

25 gr perasa ayam bawang (bubuk)

50 gr kemiri

2 gr tumbar bubuk

15 gr garam

2 gr penyedap

Cara membuat

resep keripik jamur tiramLangkah pertama siapkan jamur tiram kemudian pipihkan dan sisihkan. Buatlah adonan untuk tepung celup yang terdiri  dari seluruh bahan yang tercantum di atas kecuali perasa ayam. Aduk semua bahan hingga merata dengan air secukupnya hingga berbentuk pasta encer. Anda bisa menambahkan santan atau air bila adonan dirasa terlalu kental. Bila adonan sudah siap, panaskan minyak hingga benar-benar siap digunakan untuk menggoreng.

Celupkan jamur tiram yang telah dipipihkan tadi kemudian goreng dalam minyak panas sampai kering. Segera angkat jamur bila telah berwarna kuning kecoklatan kemudian tiriskan hingga benar-benar kering. Terakhir, campurkan bumbu perasa ayam bubuk lalu aduk-aduk sampai rata. Dinginkan dan kemas sesuai berat yang dikehendaki. Tak sulit bukan, mencoba resep keripik jamur tiram ini?

Keripik jamur dikatakan layak jual bila memenuhi standar yang disukai konsumen yaitu kering dan renyah. Trik untuk mendapatkan hasil tersebut adalah harus dilakukan pengeringan terlebih dahulu agar kandungan air dalam jamur berkurang. Caranya, kukus jamur selama 10 menit kemudian keringkan dengan mesin dryer. Ini akan lebih efektif untuk produksi skala besar dengan menerapkan resep keripik jamur tiram di atas.

Setelah itu jamur bisa langsung dipipihkan secara manual menggunakan ulekan atau palu. Pemipihan juga berfungsi untuk menghindari kelembaban pada jamur. Untuk mendapatkan hasil penggorengan yang sempurna, yang paling ideal adalah menggunakan penggorengan vacuum drying. Tetapi bila pada usaha Anda belum tersedia mesin ini, Anda bisa menggunakan teknik manual dengan 2 kali penggorengan. Pertama adalah  penggorengan awal dengan suhu sedang, dan kedua adalah penggorengan dengan suhu panas.

Terakhir adalah penirisan menggunkaan mesin tapis minyak atau secara manual dengan saringan dan kipas angin. Nah, semoga bermanfaat!