Bisnis Jamur Tiram dengan Modal Kecil dan Pemeliharaan Mudah

Banyak orang yang berharap ingin memiliki usaha yang maju dan beromzet tinggi. Usaha yang banyak disebut-sebut sebagai usaha yang menggiurkan saat ini adalah jamur tiram. Tidak banyak orang yang berhasil menekuni budidaya jamur tiram ini. Oleh karena itu bisnis jamur tiram yang mereka dambakan bisa saja mengalalami kegagalan. Sebenarnya ini bisa dikarenakan faktor teknik pelestarian yang kurang benar. Bagaimana pun untuk mendapat hasil maksimal dalam usaha jamur ini diperlukan lingkungan yang bersih dan perawatan yang konsisten.

Bisnis Jamur Tiram Modal Kecil

bisnis jamur tiramBagi anda yang memiliki niat untuk mencoba bisnis jamur tiram yang satu ini tidak usah terlalu khawatir akan modal yang dikeluarkan. Kebanyakan kita berfikir bahwa usaha jamur membutuhkan modal yang sangat besar. Namun faktanya, usaha ini sangatlah murah bahkan dalam mengembangkannya dapat dilakukan secara bertahap. Kita tidak perlu terlalu terobsesi ingin bermodal besar-besaran pada awal budidayanya, sebaiknya cobalah sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kecocokan usaha ini dengan anda. Jika sudah berhasil, maka anda dapat mencicil dalam mengembangkannya sehingga modal yang besar akan terasa lebih ringan.

Ciri khas dari jamur tiram sendiri yaitu memiliki warna putih dengan memiliki tajuk seperti kulit tiram. Jamur ini tumbuh pada batang kayu sehingga daahul mudah ditemui diladang atau hutan. Apalagi pada kayu yang sudah lapuk, jmur ini lebih mudah ditemui. Inilah yang kemudian menjadikan inspirasi dalam budidaya jamur tiram sendiri.

Mengembangkan Bisnis Jamur Tiram dengan Cara Efektif

Dalam memulai bisnis jamur tiram tersebut, hal yang perlu diperhatikan adalah cara efektif dalam budidayanya. Untuk itu kita perlu menerapkan beberapa hal di bawah ini.

  • Persiapan Penanaman

Hal pertama yang harus dilakukan dalam penanaman jamur tiram adalah mempersiapkan lahan tanaman, bibit jamur tiram, serta peralatan yang diperlukan untuk penanamannya. Hal ini sangat penting pemenuhannya untuk menunjang keberhasilan budidaya jamur anda. Peralatan yang dibutuhkan seperti alat pembersih baglog, wadah untuk panen, dan lain sebagainya. persiap penanaman yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah strerilisasi baglog dan jamurnya.

  • Penanaman dan Pemeliharaan

Dalam proses penanaman yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dari lingkungan penanaman itu sendiri. Usahakan kandang dan jamur dalam keadaan bersih, karena akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang dari jamur itu sendiri. Pemeliharaan yang dilakukan adalah perhatian terhadap suhu di dalam baglog. Diwaktu musim panas, suhu udara pada baglog juga akan panas sebaiknya lakukan penyiraman yang lbih sering dari biasanya.

  • Pengendalian Hama Penyakit

Pengendalian hama penyakit ini juga sangat menentukan tingkat keberhasilan budidaya jamur ini sendiri. Hama bisa timbul akibat kebersihan kandang yang kurang baik, suhu yang tidak cocok, atau bahkan timbulnya jamur lain. Maka kita perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap hama ini untuk menunjang keberhasilan bisnis jamur tiram kita.

  • Panen Jamur

Jika anda melakukan semua teknik di atas dengan benar, tentu anda akan mendapat keberhasilan dengan memperoleh keuntungan berupa panen jamur. Biasanya panen akan didapatkan setelah 40 hari penanaman atau setelah tubuh jamur tampak berkembang.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat anda mulai melakukan bisnis jamur tiram di rumah anda. Sebaiknya terapkan teknik dan cara yang efektif untuk menunjang keberhasilan bisnis anda. Silahkan menerapkan usah ini sekarang juga, dan terus melakukan inovasi dalam memulai usaha. Selamat mencoba!