Tips Menghadapi Persaingan Pasar Dalam Usaha Jamur Tiram

Merintis bisnis baru termasuk usaha jamur tiram memang tidak bisa dianggap enteng, hal ini karena banyaknya persaingan dan tantangan yang ikut mewarnai kembang kempis usaha. Di usaha jamur tiramdunia bisnis termasuk usaha jamur tiram persaingan pasar bukanlah hal baru. Bagus atau tidaknya peluang usaha jamur tiram salah satunya ditentukan oleh permintaan pasar yang tinggi.

Pertumbuhan usaha yang semakin marak telah sukses memunculkan persaingan pasar yang begitu ketat.  Kondisi tersebut menu tidak mau para pengusaha harus memutar otak supaya strategi pemasaran mereka senantiasa bagus. Dalam memulai usaha jamur tiram ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya tidak tersingkir dari para pesaing sehingga dapat senantiasa berkembang diantara ketatnya persaingan pasar.

Supaya bisa memenangkan pasar anda bisa menyimak informasi berikut:

 

  • Kenali pesaing dan amati pasar anda

 

Supaya siap menghadapi persaingan pasar anda sebaiknya anda harus melihat potensi pasar yang tersedia terlebih dahulu.  Dalam merintis usaha jamur tiram anda juga wajib mencari tahu kompetitor yang yang saat ini berkompeten. Trik bertahan diantara para pesaing dengan mengenali pesaing dan mengamati pasar ini bertujuan agar anda bisa menyusun strategi untuk menghadapinya.

 

  • Pelajari keunggulan dan kekurangan pesaing

 

Dengan cara ini akan membuat usaha jamur tiram anda lebih mudah memenangkan pasar. Keunggulan pesaing bisa menjadi motivasi untuk lebih berkembang dan kekurangannya bisa dimanfaatkan untuk memenangkan hati konsumen. Karena dengan menawarkan apa yang tidak dimiliki kompetitor maka kesempatan memenangkan hati konsumen akan lebih terbuka lebar.

 

  • Tunjukkan keunggulan produk anda

 

Memang usaha jamur tiram sudah banyak yang menggeluti, namun produk yang sama belum tentu memiliki keunggulan yang serupa. Untuk itu fokuslah untuk memenangkan hati konsumen dengan menunjukkan keunggulan produk anda misalnya: memberikan pelayanan yang prima untuk konsumen, mempertahankan kualitas produk,  dll.

 

  • Menyelenggarakan event untuk sarana promosi produk

 

Umumnya seseorang sangat menyukai event-event produk apalagi jika diberlakukan adanya bonus pembelian atau diskon. Untuk memperkenalkan produk usaha jamur tiram anda, anda bisa mengadakan event sendiri maupun bergabung dengan event pameran bersama yang diadakan para pemilik UMKM.

 

  • Memberikan harga yang kompetitif

 

Menawarkan harga yang kompetitif bukan berarti anda harus menanggung kerugian dan menurunkan harga. Trik memenangkan usaha jamur tiram ini bisa anda jalankan dengan memberikan diskon atau bonus untuk pembelian tertentu. Misalnya membeli berapa kg gratis 1 kg. Hal ini membuat produk jamur anda masih dapat bersaing meski tanpa menurunkan harga secara drastis.

Dalam usaha pastinya diwarnai dengan pahit manisnya perjuangan. Namun dengan berbagai strategi promosi dan pemasaran yang tepat akan membuat usaha jamur tiram anda bisa tumbuh dan berkembang ditengah pesaing yang menjamur.